Sabtu, 17 Maret 2012

The New iPad Pakai Sensor Kamera iPhone 4



Tear-down iPad terbaru yang dilakukan tim iFixlt kemarin telah mengungkap sejumlah fakta tentang tablet generasi terbaru milik Apple itu. iPad yang dibedah oleh iFixlt sebuah unit yang diperoleh dari Melbourne, Australia. Selain iFixlt, situs Chipworks juga berusaha mengungkap sejumlah fakta di balik iPad terbaru.

Sebuah catatan menarik dari The New iPad adalah temuan bahwa Apple kembali menggunakan sensor kamera lama. Yang dimaksud adalah jenis sensor kamera yang sama dengan sensor kamera di produk-produk Apple sebelumnya, baik untuk kamera belakang maupun kamera depan. Kamera belakanh di iPad terbaru (gambar diatas) adalah memiliki 5 megapixel COMS Image Sensor, sama dengan kamera yang dipakai Apple di iPhone 4.

Sensor kamera tersebut adalah Omnivision OV5650. OV5650 merupakan teknologi back illumination (BI) generasi kedua buatan OmniVision. Kamera 5MP ini memiliki fitur 1,75um pixels dan didesain untuk memberikan kualitas DSC dalam sebuah aplikasi ponsel. Sensornya support HD video (1080p) at 60fps. Spesifikasi yang ditentukan Apple untuk The New iPad juga menunjukkan spesifikasi yang sama sehingga analisa yang baru saja kami selesaikan….menyimpulkan bahwa 5MP back illuminated CMOS Image Sensor di The New iPad adalah sama, yaitu Omnivision OV5650 (die mark OV290BF).”

Sementara itu kamera depan pada The New iPad adalah 0,3 OmniVision OV297AA Seperti yang dipakai pada iPad 2 dan iPad Nano model lama. Sebenarnya bukan kali pertama Apple menggunakan hardware yang sama untuk produk baru. Strategi ini diperkirakan oleh para analisis sebagai usaha Apple untuk menghemat ongkos dan menurunkan resiko teknologi.

Selain itu Chipwork juga mencatat bahwa Apple melakukan dual-sourcing DRAM untuk iPad terbaru. Jika iFixlt menemukan DRAM buatan Elpida maka bedah iPad terbaru yang dilakukan Chipworks menemukan DRAM buatan Samsung.


Di luar ketegangan Apple kontra Samsung terkait paten, pada faktanya Samsung tetap menjadi salah satu pemasok hardware utama untuk The New iPad. Samsung memberikan andil besar dalam pembuatan prosesor A5X dan Apple sekali lagi mengguanakan jasa Samsung untuk proses pembuatan 45nm CMOS. Ukuran chip prosesorA5X lebih besar 36,5% dari A5, 162,94 mm^2 vs 119.32mm^2. Bedah iPad terbaru masih terus dilakukan Chipworks untuk menemukan fakta-fakta menarik lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

Daftar isi

 
© 2011 Info Phone | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog